Sunday, February 26, 2012

Satu Keping Emas Seharga Satu Keping Garam

Pernah dengar harga emas sama dengan harga dengan garam?. Ini terjadi di daratan Afrika tepatnya di Ghana. Ghana adalah negara Afrika yang berlokasi paling tengah antara utara dan selatan benua Afrika dan menjadi tempat bertumpuknya para pedagang utara dan selatan bertransaksi. Di Ghana terjadi transaksi yang menggiurkan manusia belahan dunia lain, garam sama nilainya dengan emas. Di situ satu keping emas di tukar satu keping garam.
Menjadi tempat strategis, Ghana menjadi kaya dengan bayaran pajak dari pedagang-pedagang yang datang. Pajak-pajak yang mereka bayarkan adalah emas, gading, bulu hewan dan barang-barang berharga lain.
Sistem barter emas yang terjadi di Ghana menjadi salah satu kunci sukses perdagangan di sana karena emas adalah nilai standar semua barang dan tidak akan dijumpai tawar menawar harga antara pedagang. Dan juga akan mengatasi masalah bahasa dalam berdagang yang terdiri dari bermacam suku-suku pedagang yang melintasi gurun sahara di Ghana tempat terjadinya perdagangan.

0 comments:

Post a Comment